Konsul Jenderal Qiu Weiwei Menghadiri Upacara Penyerahan Sumbangan Barang Anti-Epidemi Kota Nan'an untuk Kota Binjai
2020-07-13 18:00

Pada 13 Juli, Konsul Jenderal Tiongkok di Medan, Qiu Weiwei menghadiri upacara penyerahan sumbangan barang anti-epidemi Kota Nan'an, Fujian untuk Kota Binjai, Sumatera Utara. Acara turut dihadiri sekdaprovsu, Dr Ir Hj R Sabrina, MSi, Sekretaris Kota Binjai, Muhammad Mahfullah Pratama Daulay, SSTP, MAP, Ketua Eksekutif Perhimpunan INTI merangkap Koordinator Asosiasi Provinsi Bersaudara Provinsi Sumatera Utara Periode 2019-2023, Indra Wahidin.

Konjen Qiu menyatakan bahwa situasi pandemi covid-19 saat ini masih berkecamuk di seluruh dunia, dan umat manusia sedang menghadapi tantangan berat. Semua negara harus memperkuat persatuan, bekerja sama, dan menghadapinya bersama. Tiongkok dan Indonesia adalah tetangga yang bersahabat. Sejak merebaknya virus, kedua negara telah saling mendukung. Tiongkok secara aktif memberikan bantuan semampunya dan juga berulang kali menyumbangkan barang anti-epidemi untuk Indonesia, hal ini mencerminkan persahabatan yang saling membantu. Kota Nan'an, Provinsi Fujian, Tiongkok menyumbangkan 30.000 masker medis untuk kota kembarnya (sister city), Kota Binjai, dengan harapan dapat membantu pencegahan epidemi lokal. Tiongkok akan terus menjunjung tinggi konsep komunitas senasib umat manusia dan memperkuat kerja sama dengan semua sektor di Indonesia dalam mengatasi kesulitan.

Sekdaprovsu, Dr Ir Hj R Sabrina, MSi dan Sekretaris Kota Binjai, Muhammad Mahfullah Pratama Daulay, SSTP, MAP masing-masing menyatakan bahwa Tiongkok dan Indonesia adalah tetangga yang bersahabat, dan Tiongkok telah memberikan bantuan ketika Indonesia sangat membutuhkannya. Pemerintah Kota Binjai akan dengan segera mendistribusikan masker kepada warga, berharap pandemi cepat berlalu dan dengan segera kembali ke kehidupan normal. Kami juga menantikan Kota Binjai dan Kota Nan'an sebagai kota kembar untuk memperkuat pertukaran dan kerja sama di berbagai bidang setelah pandemi.