Konjen Qiu Weiwei Mengadakan Konferensi Video dengan Warga Tiongkok Wilayah Kekonsuleran
2020-05-08 10:44
     Pada 7 Mei 2020, Konsul Jenderal Tiongkok di Medan, Qiu Weiwei mengadakan konferensi video dengan beberapa warga Tiongkok yang berada di wilayah kekonsuleran untuk menyampaikan salam hangat kepada semua orang serta memberikan panduan tentang pencegahan dan pengendalian epidemi. Beberapa karyawan perusahaan Tiongkok, turis Tiongkok yang ditahan, dan pegawai Tiongkok yang bekerja di lembaga lokal berpartisipasi dalam konferensi tersebut.

Konjen Qiu memperkenalkan pencapaian strategis utama dalam anti-epidemi domestik dan situasi utama kerja sama Tiongkok-Indonesia dalam anti-epidemi. Beliau menekankan bahwa di bawah komando dan arahan pribadi Presiden Xi Jinping dan dengan mengandalkan usaha dan pengorbanan luar biasa dari seluruh rakyat, Tiongkok telah keluar dari masa yang paling sulit, operasi tatanan ekonomi dan sosial pulih dengan cepat. Tiongkok dan Indonesia adalah tetangga yang bersahabat. Tahun ini menandai peringatan ke-70 dari pembentukan hubungan diplomatik antara kedua negara. Beliau juga menyatakan dapat merasakan hal yang sedang dihadapi Indonesia, oleh karena itu akan dengan tegas mendukung upaya anti-epidemi Indonesia, dan dengan tindakan nyata memberikan bantuan. Diyakini bahwa pemerintah dan rakyat Indonesia akan mengatasi epidemi sesegera mungkin.

Konjen Qiu mengatakan bahwa Presiden Xi Jinping telah berulang kali menekankan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan warga negara Tiongkok yang berada diluar. Konsulat Jenderal selalu memperhatikan keadaan semua rakyat Tiongkok. Diharapkan rekan-rekan Tiongkok di wilayah kekonsuleran tetap memperhatikan dengan seksama situasi epidemi, secara ketat mematuhi persyaratan pencegahan epidemi lokal, secara efektif memperkuat perlindungan pribadi, menyediakan kebutuhan hidup dan barang-barang pencegahan epidemi, mematuhi pencegahan epidemi secara ilmiah, dan menghindari kepanikan yang tidak perlu. Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan akan terus memberikan dukungan dan bantuan kepada rekan Tiongkok.

Perwakilan warga Tiongkok yang mengikuti konferensi tersebut mengucapkan terima kasih atas simpati dan perhatian Konsulat Jenderal Tiongkok, mereka juga memperkenalkan situasi pekerjaan saat ini serta langkah-langkah anti-epidemi yang diambil, selain itu mereka juga menyatakan telah membangun rasa percaya diri, dapat mengatasi kesulitan, dan saling membantu. Konjen Qiu juga menjawab pertanyaan tentang masalah perpanjangan visa yang dipertanyakan.