Konjen Qiu Weiwei Mengadakan Rapat Pembahasan Penanggulangan Pandemi dengan Perusahaan Tiongkok yang Berada di Wilayah Kekonsuleran Secara Virtual
2020-05-19 10:55

     Untuk meningkatkan lebih lanjut pembinaan terhadap pencegahan dan pengendalian pandemi di perusahaan-perusahaan Tiongkok, Konsul Jenderal Tiongkok di Medan, Ibu Qiu Weiwei dengan didampingi oleh Wakil Konsul Jenderal Fu Aimin beserta Konsul Urusan Ekonomi dan Komersial Xu Qiyi mengadakan rapat pembahasan secara virtual dengan perusahaan Tiongkok yang ada di dalam wilayah kekonsuleran pada tanggal 19 Mei 2020. Penanggung jawab dari PT. Shenhua Guohua Lion Power Indonesia, China Energy Engineering Corporation PLTA Sumatera Barat, PT. CHD Power Plant Operation Indonesia – Batam Branch, PT. Sinohydro Corporation Limited PLTA Batang Toru, perusahaan pakan ternak PT. New Hope Medan dan PT. New Hope – Lampung, PT. San Xiong Steel Indonesia, PT. Riau Perkasa Steel dan perusahaan lainnya bersama menghadiri rapat forum virtual tersebut.

    Konjen Qiu Weiwei menyampaikan simpati kepada staf dari perusahaan Tiongkok yang tetap bertahan di garis depan pencegahan dan pengedalian pandemi, serta di produksi dan konstruksi, dan sekaligus memperkenalkan perkembangan situasi pandemi terkini di Tiongkok maupun di Indonesia. Konjen Qiu Weiwei menyebutkan bahwa, Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam pidatonya pada upacara pembukaan Majelis Kesehatan Dunia ke-73 yang diselenggarakan secara virtual menyampaikan bahwa dengan mengutamakan kebersamaan dalam membentuk komunitas senasib kesehatan manusia, secara mendalam menguraikan usulan Tiongkok dalam melawan pandemi, dan mengajukan serangkaian inisiatif penting. Pidato Presiden Xi Jinping mengandung arti realistis dan menjangkau jauh yang penting untuk membangkitkan kepercayaan diri global dalam melawan pandemi, mendorong kerja sama internasional dalam penanggulangan pandemi, merencanakan sistem tata kelola global masa depan. Tiongkok selalu teguh berpegang pada ide membangun komunitas senasib sepenanggungan umat manusia, secara aktif melakukan kerja sama internasional, bertanggung jawab atas keamanan hidup dan kesehatan rakyat Tiongkok dan juga bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat global.

    Konjen Qiu Weiwei meminta kepada perusahaan Tiongkok untuk belajar secara mendalam dan melaksanakan semangat petunjuk penting dari Sekretaris Jenderal Xi Jinping, meningkatkan kesadaran situasi keseluruhan, dan rasa tanggung jawab, teguh menjalankan langkah-langkah ilmiah dan memberikan perhatian secara keseluruhan terhadap kegiatan pencegahan, pengendalian pandemi, produksi dan manajemen dalam “New Normal” di tengah pandemi. Selain itu, juga harus menetapkan pencegahan dan pengendalian pandemi sebagai tugas utama, menempatkan keamanan hidup dan kesehatan pekerja sebagai prioritas, mengidentifikasi resiko secara komprehensif, mengeliminasi tautan lemah, menghindari penularan klaster, dan terus menguatkan hasil yang dengan tidak mudah didapat dari perlawanan pandemi selama ini. Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan akan tetap berkomitmen untuk terus memberikan pembinaan, bantuan maupun dukungan kepada perusahaan untuk melawan pandemi.

    Berikutnya, para penanggung jawab perusahaan melaporkan langkah-langkah yang telah diterapkan perusahaan dalam mencegah dan mengendalikan pandemi beserta kondisi produksi dan operasional perusahaan saat ini, dan juga membahas pengalaman dan metode pencegahan dan pengendalian secara pembagian wilayah serta manajemen karyawan maupun hal-hal terkait lainnya.