Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan Menyumbangkan Bantuan untuk Provinsi Bangka Belitung
2020/12/11

Pada 10 Desember, Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan menyumbangkan barang kebutuhan hidup pokok (sembako) kepada masyarakat setempat melalui Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

Konsul Jenderal Qiu Weiwei dalam suratnya kepada Gubernur Erzaldi menyatakan bahwa Tiongkok dan Indonesia adalah tetangga yang bersahabat dan memiliki sejarah pertukaran yang panjang. Selama 70 tahun terakhir sejak pembentukan hubungan diplomatik, hubungan persahabatan telah membuat kemajuan yang berarti dan pertukaran serta kerja sama terus diperluas. Dalam menghadapi pandemi, kedua negara telah saling memberikan dukungan dan bantuan, serta secara aktif memperkuat kerja sama dalam memerangi pandemi dan menghidupkan kembali perekonomian. Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo telah berkomunikasi via telepon sebanyak tiga kali dan bertukar surat dan telegram. Para pejabat tinggi kedua negara telah banyak melakukan perbincangan tentang hubungan bilateral, kerja sama pencegahan pandemi, serta kerja sama ekonomi dan perdagangan. Perusahaan kedua negara telah aktif mendororng kerja sama dalam uji klinis vaksin. Dalam kesempatan ini, Konsulat Jenderal Tiongkok menyumbangkan sembako untuk Provinsi Bangka Belitung, dengan harapan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dan berkontribusi pada pekerjaan pencegahan pandemi lokal.

Saat menerima bantuan, Gubernur Erzaldi menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Konsulat Jenderal Tiongkok atas bantuan material dan dukungan dalam pekerjaan pencegahan pandemi lokal.