Konjen Zhang Min Mengunjungi Pj. Gubsu Hassanudin
2024-01-15 18:01

Pada tanggal 12 Januari, Konsul Jenderal Tiongkok di Medan, Zhang Min, mengunjungi Penjabat Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Hassanudin. Pertemuan ini juga didampingi oleh Ketua Harian Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Pusat, Indra Wahidin.

Konjen Zhang secara singkat memperkenalkan semangat Konferensi Pekerjaan Urusan Luar Negeri Pusat, dengan menyatakan bahwa Tiongkok bersedia bekerja sama dengan negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, untuk membangun komunitas senasib sepenanggungan umat manusia. Kedua kepala negara telah bertemu sebanyak empat kali dalam dua tahun terakhir dan mencapai konsensus penting mengenai penguatan kemitraan strategis komprehensif Tiongkok-Indonesia serta pembangunan bersama komunitas senasib sepenanggungan umat manusia. Selain itu, Konjen Zhang juga menekankan bahwa masalah Taiwan adalah inti dari kepentingan inti Tiongkok, Tiongkok pada akhirnya akan bersatu kembali dan pasti bersatu kembali. Konjen Zhang juga menyatakan bahwa selama bertahun-tahun, kerja sama antara Provinsi Sumut dengan Provinsi Guangdong di bidang ekonomi, perdagangan, humaniora dan bidang lainnya telah membuahkan hasil.

Pj Gubernur Sumut Hassanudin menyatakan bahwa pembangunan bersama komunitas senasib sepenanggungan umat manusia antara Tiongkok dan Indonesia sesuai dengan kepentingan kedua bangsa. Provinsi Sumut dengan tegas mendukung pemerintah Indonesia dalam berpegang pada kebijakan satu Tiongkok dan bersedia untuk lebih memperkuat pertukaran dan kerja sama di berbagai bidang dengan Provinsi Guangdong dan tempat lainnya.