Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan Menyelenggarakan Upacara Penunujukkan Relawan Secara Daring dan Seminar Pelatihan
2022-12-23 17:59

Pada tanggal 22 Desember lalu, Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan menyelenggarakan upacara pengangkatan relawan kekonsuleran dan seminar pelatihan, Konsulat Jenderal Zhang Min hadir dan menyampaikan pidato, Wakil Konsulat Jenderal Xu Chunjuan sebagai ketua pertemuan, Direktur Konsuler Zhao Kunpeng, Konsuler Jiang Jiawen dan para konsul dari 10 provinsi juga turut hadir dalam pertemuan tersebut.


Konsulat Jenderal Zhang Min mengucapkan terima kasih kepada relawan konsuler yang telah berperan aktif dalam perlindungan dan pendampingan konsuler, dan juga memperkenalkan hubungan bilateral antara Tiongkok – Indonesia dan Kongres Partai Komunis Ke-20. Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir, dibawah arahan kedua kepala negara, kemitraan strategi komprehensif antara Tiongkok – Indonesia terus diperdalam. Pada bulan Juli, Presiden Jokowi atas undangan dari Presiden Xi Jinping  melakukan kunjungan ke Tiongkok, kedua belah pihak bersepakat untuk membangun Community with A Shared Future. Pada November, kedua kepala negara melakukan pertemuan di Bali, kedua belah pihak menetapkan dan menandatangani rencana bersama untuk kemitraan strategi komprehensif dalam 5 tahun kedepan, mengonsolidasikan kesepakayan untuk membangun Community with a Shared Future, dalam satu tahun ini kedua kepala negara sudah bertemu sebanyak dua kali, mencerminkan hubungan kedua belah pihak yang solid dan khas. Beberapa waktu lalu, Kongres Partai Komunis yang ke- 20 berhasil diselenggarakan, ini adalah pertemuan penting bagi Tiongkok dalam menuju 200 tahun Partai Komunis Tiongkok, menggambarkan rencana pembagunan Tiongkok dalam 5 tahun kedepan bhakan lebih, hal ini juga akan membuka prospek yang lebih luas bagi perkembangan hubungan Tiongkok-Indonesia.

Konsulat Jenderal Zhang Min menegaskan, Kementerian Luar Negeri dan Konsul Kedutaan selalu berpegang pada filosofi “Berpusat Pada Rakyat” dan aktif mempraktikan “Mendahulukan Rakyat dan Diplomasi Untuk Rakyat”, juga terus memperkuat keamanan dan perlindungan konsuler. Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan seperti biasanya, akan melakukan tugas dengan baik dalam hal perlindungan konsuler, melindungan keamanan serta hak warga negara dan perusahaan Tiongkok yang berada di distrik konsuler, berharap antara relawan pendamping konsuler dapat meneruskan semangat “Berada dalam perahu yang sama, saling menjaga dan saling membantu”, memberikan keuntungan dan memiliki jaringan kontak yang luas dan secara aktif dalam kerja sama dengan Konsulat Jenderal.


Perwakilan Relawan Konsuler membagikan pengalaman mereka sendiri, tentang pengalaman mereka dalam membantu menangani kasus-kasus perlindungan konsuler, dan juga menjelaskan, tanggung jawab dari relawan konsuler sangat besar dan mulia, mereka bersedia terus melakukan kerja sama dan membantu dalam menangani kasus-kasus darurat dari konsuler, dan juga akan berkontribusi dalam hubungan antara Tiongkok-Indonesia untuk kerja sama.

Dalam seminar pelatihan, Konsuler Jiang Jiawen menjelaskan tentang tugas dan tindak pencegahan, serta kasus-kasus yang sering ditemui di distrik ini.