Konsul Jenderal Zhang Min Bertemu dengan Bupati Kabupaten Samosir
2022-09-09 16:11

Pada tanggal 8 September, Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan, Zhang Min, bertemu dengan Bupati Kabupaten Samosir, Vandiko T. Gultom. Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Samosir, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Komunikasi Dan Informatika, Badan Perencanaan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah dan Badan Pendapatan Dan Keuangan Daerah, serta Ketua Pembina Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sumatera Utara, dr. Indra Wahidin turut mendampingi. Wakil Konsul Jenderal Zhou Yunliang juga ikut menghadiri pertemuan tersebut.

Konjen Zhang menyatakan bahwa hubungan Tiongkok-Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, yang menunjukkan ketahanan dan vitalitas yang kuat. Kabupaten Samosir adalah kabupaten pertanian, kehutanan dan perikanan utama yang terletak di tengah Danau Toba, danau terbesar di Asia Tenggara, yang kaya akan sumber daya wisata alam dan telah menjadi tujuan wisata yang semakin populer. Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu dari empat provinsi di Indonesia yang tercakup dalam rencana kerja sama pembangunan "Koridor Ekonomi Komprehensif Regional" yang ditandatangani oleh pemerintah Tiongkok dan Indonesia, serta memiliki prospek kerja sama yang luas di berbagai bidang termasuk pariwisata. Diyakini setelah pandemi berakhir, Danau Toba, salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas Indonesia, akan menarik lebih banyak wisatawan Tiongkok. Terima kasih kepada Bupati dan Pemerintah Kabupaten Samosir atas perhatian dan dukungan jangka panjangnya terhadap perkembangan hubungan Tiongkok-Indonesia, Konsulat Jenderal Tiongkok bersedia memberikan dukungan dan bantuan kepada Kabupaten Samosir untuk melakukan pertukaran dan kerjasama dengan Tiongkok dan menjalin hubungan persahabatan dengan kabupaten dan kota Tiongkok yang relevan.

Bupati Vandiko mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Konjen Zhang karena telah memberikan perhatian terhadap pembangunan ekonomi dan sosial Kabupaten Samosir dan wilayah Danau Toba. Beliau sangat senang melakukan pertukaran dan diskusi mendalam dengan Konjen Zhang untuk memperkuat kerja sama pragmatis antara Kabupaten Samosir dengan daerah-daerah Tiongkok. Beliau juga menantikan kesempatan mempelajari pengalaman dan teknologi Tiongkok di bidang pertanian, pariwisata, perawatan medis dan kesehatan, dll., serta berharap dapat menarik perusahaan Tiongkok untuk melakukan investasi dan meminta bantuan Konsulat Jenderal Tiongkok untuk membantu Kabupaten Samosir menjalin hubungan persahabatan dengan daerah di Tiongkok. Pemerintah Kabupaten Samosir bersedia bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Tiongkok untuk terus memajukan hubungan persahabatan Tiongkok-Indonesia.