Pemberitahuan mengenai permohonan online Formulir Deklarasi Kesehatan bagi penumpang asing penerbangan menuju Tiongkok
2020/11/11
     Mulai 11 November 2020 pukul 0 penumpang Warga Negara Asing yang menaiki penerbangan ke Tiongkok dari Indonesia harus mengajukan QR Code Hijau Formulir Deklarasi Kesehatan dengan tanda "HDC" secara online. Kedutaan Besar dan Konsulat China di Indonesia tidak akan lagi menerima metode offline Formulir Deklarasi Kesehatan, seperti melalui email, dll. Persyaratannya dengan ini diberitahukan sebagai berikut:

Untuk penumpang Warga Negara Asing yang mengambil penerbangan dari Indonesia ke Tiongkok harus menyelesaikan pengambilan sampel dan tes asam nukleat dan tes antibodi IgM di lembaga yang diakui oleh Kedutaan Besar dan Konsulat Tiongkok untuk Indonesia 48 jam sebelum boarding. Setelah mendapat hasil negatif, masuk ke situs web Kode Kesehatan Pencegahan Covid-19 di alamat ini https://hrhk.cs.mfa.gov.cn/H5/ atau gunakan ponsel Anda untuk memindai kode QR terlampir untuk memasuki antarmuka yang ditentukan, gunakan alamat email pribadi Anda untuk mendaftarkan akun, lengkapi semua bidang yang diperlukan dengan informasi pribadi Anda, dan unggah foto hasil negative tes asam nukleat dan antibodi serum IgM, setelah lulus verifikasi Kedutaan Besar dan Konsulat Tiongkok untuk Indonesia, akan mendapatkan QR Code Hijau Formulir Deklarasi Kesehatan dengan tanda "HDC".

Penumpang Warga Negara Asing harus menunjukkan kode QR yang valid (versi elektronik atau versi cetak) untuk verifikasi oleh maskapai penerbangan saat check in atau boarding.

        Harap Diperhatikan:

1. Selain QR Code Hijau Formulir Deklarasi Kesehatan dengan tanda "HDC", penumpang asing harus memastikan bahwa mereka memiliki dokumen masuk yang sah sebelum bepergian ke China untuk menghindari diperintahkan untuk kembali atau ditolak masuk.

2. Terlepas dari apakah itu titik transit (negara keberangkatan terakhir untuk penerbangan langsung ke China), penumpang harus menjalani tes asam nukleat dan tes antibodi IgM di titik transit sesuai persyaratan, dan setelah mendapatkan hasil tes negative, mengajukan QR Code Hijau Formulir Deklarasi Kesehatan dengan tanda "HDC" sesuai dengan persyaratan yang diumumkan oleh Kedutaan Besar dan Konsulat Tiongkok setempat, dan bekerja sama dengan maskapai penerbangan yang melakukan pemeriksaan.

 

Lampiran 1: Portal masuk aplikasi online penumpang asing untuk Formulir Pernyataan Kesehatan

 

Lampiran 2: Contoh  gambar QR Code Hijau Formulir Deklarasi Kesehatan dengan tanda "HDC"