Konsul Jenderal Qiu Weiwei Bertemu dengan Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan
2020/12/04

Pada 3 Desember, Konsul Jenderal Tiongkok di Medan, Qiu Weiwei, bertemu dengan Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Hassanuddin, melalui pertemuan video.

Konjen Qiu mengucapkan selamat kepada Hassanuddin atas jabatannya. Beliau menyatakan bahwa tahun ini menandai peringatan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Indonesia, dan hubungan bilateral ini berada pada titik awal yang baru. Dalam menghadapi pandemi, Tiongkok dan Indonesia bersama menghadapi kesulitan, dan secara aktif memperkuat kerja sama pencegahan pandemi untuk mendorong pemulihan ekonomi. Belum lama ini, Tiongkok membuat rencana sistematis dan penyebaran strategis untuk pengembangan tujuan jangka panjangnya untuk tahun 2035 dan pembangunan ekonomi dan sosialnya selama periode Rencana Lima Tahun ke-14. Hal ini diyakini akan memberikan kepercayaan yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi dunia dan memberikan lebih banyak peluang untuk pembangunan semua negara. Tiongkok akan dengan tegas mengimplementasikan konsep pembangunan baru, secara aktif membangun struktur pembangunan baru, dan terus membangun “Satu Sabuk Satu Jalur” yang berkualitas dengan negara-negara tetangga termasuk Indonesia, dan membangun “Koridor Darat-Laut Baru” untuk mencapai pembangunan yang terintegrasi. Perkembangan hubungan Tiongkok-Indonesia sesuai dengan kepentingan fundamental kedua negara dan rakyatnya. Provinsi Sumatera yang kaya akan sumber daya alam dan memiliki keunggulan geografis yang nyata, semakin menjadi tujuan penting bagi perusahaan Tiongkok untuk berinvestasi di luar negeri dan bagi warga Tiongkok untuk bepergian ke Indonesia. Konsulat Jenderal Tiongkok berkeinginan untuk menjaga komunikasi dengan Kodam I/BB, dan terus memperdalam pertukaran persahabatan dan kerjasama di berbagai kalangan dan bidang antara Tiongkok dan Indonesia, serta mengedepankan kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak ke tingkat yang baru. Konjen Qiu juga menyumbangkan barang kebutuhan hidup pokok (sembako) kepada masyarakat lokal yang membutuhkan melalui Kodam I/BB.

Mayjen Hassanuddin mengaku sangat senang bisa bertemu dengan Konjen Qiu melalui pertemuan video, dan sangat berterima kasih kepada Konsulat Jenderal Tiongkok atas kepedulian dan bantuannya kepada masyarakat sekitar. Indonesia dan Tiongkok telah menjalin hubungan persahabatan sejak lama, dan Tiongkok juga banyak membantu Indonesia selama pandemi. Diharapkan hubungan kedua negara semakin baik, kerjasama yang saling menguntungkan semakin diperkuat, saling membantu serta bersama menuju kemakmuran.

Media utama lokal seperti Sumut TV dan lainnya juga ikut memberitakan berita terkait.