Konsul Jenderal Qiu Weiwei Bertemu dengan Gubernur Provinsi Riau
2020/11/18

Pada 17 November, Konsul Jenderal Tiongkok di Medan, Qiu Weiwei, bertemu dengan Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar melalui pertemuan video online. Kedua belah pihak bertukar pandangan tentang kerja sama pencegahan pandemi Tiongkok-Indonesia, serta kerja sama antara Provinsi Riau dan Tiongkok.

Konjen Qiu menyatakan bahwa hubungan persahabatan Tiongkok-Indonesia terus berkembang, momentum kerja sama semakin diperkuat, dan wilayah kerja sama terus meluas. Belum lama ini, Sidang Paripurna Kelima Komite Sentral ke-19 Partai Komunis Tiongkok membuat rencana sistematis dan penyebaran strategis untuk tujuan pembangunan Tiongkok pada tahun 2035 serta pembangunan ekonomi dan sosial selama periode Rencana Lima Tahun ke-14. Kekuatan pendorong yang kuat tersebut juga akan memberikan kepercayaan yang lebih besar terhadap pemulihan ekonomi dunia. Indonesia telah masuk dalam jajaran negara berpenghasilan tinggi dan berupaya mewujudkan ambisinya di tahun 2045. Perkembangan kedua negara dan hubungan bilateral keduanya berdiri di titik awal sejarah baru dan mengantarkan peluang pembangunan baru. Perkembangan hubungan Tiongkok-Indonesia sesuai dengan kepentingan fundamental kedua negara dan rakyatnya. Riau memiliki pemandangan yang indah, budaya yang beragam, dan potensi besar untuk pengembangan pariwisata dan pertanian. Konsulat Jenderal Tiongkok berkeinginan untuk terus mendorong pertukaran timbal balik dan kerja sama praktis antara Tiongkok dan Provinsi Riau, dan bekerja sama dengan pemerintah provinsi untuk mendorong pengembangan hubungan bilateral yang baru dan lebih besar secara berkelanjutan.

Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar mewakili pemprov dan rakyat Riau menyampaikan terima kasih kepada Konjen Qiu atas kepedulian dan dukungannya terhadap upaya pencegahan pandemi di daerah. Beliau menambahkan, saat Konjen Qiu berkunjung ke Riau awal tahun ini, mereka melakukan silaturahmi dan melakukan pertukaran praktik kerja sama bilateral. Indonesia selalu aktif bekerja sama dengan negara-negara termasuk Tiongkok untuk bersama-sama memerangi pandemi dan berharap pandemi segera berakhir. Provinsi Riau kaya akan pariwisata dan sumber daya alam, serta memiliki prospek pengembangan yang luas di bidang pelabuhan dan industri, perusahaan Tiongkok dipersilahkan untuk berinvestasi di sana. Pemerintah provinsi berharap dapat bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Tiongkok dan bekerja keras untuk kerja sama yang bersahabat dan kepentingan bersama antara Indonesia dan Tiongkok.

Media utama lokal, termasuk Stasiun televisi Riau TV, ikut melaporkan berita terkait.