Konsul Jenderal Qiu Weiwei Bertemu Sekretaris Daerah Pemprov Sumsel
2020/11/14

Pada 13 November, Konsul Jenderal Tiongkok di Medan, Qiu Weiwei, bertemu dengan perwakilan Gubernur Provinsi Sumatera Selatan yang merupakan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, H Nasrun Umar melalui pertemuan video online. Kedua belah pihak membahas kerja sama pencegahan pandemi antara Tiongkok-Indonesia, hubungan dan pertukaran pandangan antara Tiongkok-Sumsel.

Konjen Qiu menyatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, di bawah kepemimpinan tegas Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo, Tiongkok dan Indonesia telah menyilangkan strategi "Jalur Sutra Maritim Abad ke-21" dan "Poros Maritim Dunia" sebagai jalur utama untuk memperdalam dan memperluas kerja sama dan pertukaran secara komprehensif di berbagai bidang. Rasa kepercayaan politik terus dikonsolidasikan, hubungan bilateral telah mencapai tingkat yang baru, dan bersama-sama telah memberikan kontribusi penting bagi stabilitas dan kemakmuran kawasan dan global. Sejak pandemi, Presiden Xi dan Presiden Joko Widodo telah melakukan komunikasi via telepon sebanyak tiga kali dan mencapai konsensus penting, yang menunjukkan arah pengembangan hubungan kedua negara, terutama persatuan dan kerja sama untuk memerangi pandemi dan mencapai pemulihan ekonomi. Saat ini, kerja sama pengadaan, produksi bersama, dan alih teknologi vaksin covid-19 oleh perusahaan kedua negara terus berjalan. Diyakini dengan upaya bersama semua pihak, Indonesia dapat mengatasi pandemi secepatnya.

Konjen Qiu mengatakan bahwa belum lama ini, Sidang Paripurna Kelima Komite Sentral ke-19 Partai Komunis Tiongkok sukses diselenggarakan di Beijing, dan arah perkembangan rencana lima tahun ke depan Tiongkok menjadi lebih jelas. Tiongkok dengan teguh akan menerapkan konsep pembangunan baru tentang inovasi, koordinasi, hijau, terbuka, dan berbagi, mempercepat pembangunan struktur pembangunan baru dengan siklus ganda domestik dan internasional sebagai badan utama, dan terus meningkatkan secara komprehensif tingkat keterbukaan terhadap dunia luar dan mendorong konstruksi bersama "Satu Sabuk Satu Jalur" yang berkualitas tinggi. Secara historis, Tiongkok memiliki sejarah panjang pertukaran persahabatan, pertukaran budaya dan ekonomi dengan Provinsi Sumsel. Saat ini, semakin banyak perusahaan Tiongkok berinvestasi dan mengontrak proyek di berbagai bagian pulau Sumatera termasuk Provinsi Sumsel, memberikan kontribusi positif untuk mendorong pembangunan ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja. Konsulat Jenderal Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Pemprov Sumsel untuk bersama dalam meningkatkan kemitraan strategis yang komprehensif antara Tiongkok dan Indonesia.

Dalam pidatonya mewakili Gubernur, Sekda Pemprov Sumsel, H Nasrun Umar menyampaikan terima kasih kepada Konsulat Jenderal Tiongkok atas dukungan dan bantuannya kepada Provinsi Sumsel selama wabah melanda. Beliau berharap untuk belajar dari pengalaman pencegahan pandemi Tiongkok dan mengambil tindakan efektif untuk mengatasi pandemi sesegera mungkin. Hubungan Tiongkok-Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan kedua negara memiliki hubungan rakyat yang erat. Masjid Cheng Ho yang terkenal di Kota Palembang, ibu kota Provinsi Sumsel, menegaskan sejarah panjang pertukaran antara Provinsi Sumsel dan Tiongkok. Dalam beberapa tahun terakhir, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, hubungan persahabatan Indonesia dengan Tiongkok semakin berkembang, semakin banyak perusahaan Tiongkok yang datang ke Indonesia untuk berinvestasi dan berkontribusi dalam pembangunan proyek-proyek strategis lokal. Provinsi Sumsel akan membuka pintunya, menyambut lebih banyak investasi, dan berharap dapat bekerja sama dengan Tiongkok di bidang pendidikan, kesehatan, konstruksi infrastruktur, pertambangan, dan bidang lainnya untuk membawa manfaat bagi masyarakat. Pemerintah provinsi bersedia terus bekerja keras untuk mendorong hubungan persahabatan antara Provinsi Sumsel dan Tiongkok.

Media utama lokal Indonesia "Harian Radar Palembang" dan media lainnya turut melaporkan berita pertemuan di atas.