Konsul Jenderal Qiu Weiwei Menghadiri Presentasi Online Tentang Kebijakan Penerimaan Mahasiswa Universitas Kota Chengdu di Medan
2021-12-21 15:45

Pada 27 Agustus, Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan, Qiu Weiwei, menghadiri presentasi online tentang kebijakan penerimaan mahasiswa universitas kota Chengdu di Medan. Presentasi tersebut diselenggarakan bersama oleh Kantor Urusan Luar Negeri Pemerintah Rakyat Chengdu, Dinas Pendidikan Chengdu, dan Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan. Ou Yusong, wakil ketua Kantor Urusan Luar Negeri Chengdu; Shen Peng, wakil kepala Dinas Pendidikan Chengdu, ikut hadir dan menyampaikan pidato. Delapan universitas kota Chengdu memberikan penjelasan tentang kondisi sekolah, pengaturan jurusan, beasiswa, dan kebijakan pendaftaran. Hampir 400 guru dan siswa dari banyak sekolah Tionghoa di Kota Medan berpartisipasi dalam presentasi tersebut.

Konjen Qiu dalam sambutannya menyatakan bahwa Tiongkok dan Indonesia adalah tetangga, mitra dan teman yang baik, pertukaran antara kedua negara memiliki sejarah panjang. Dalam beberapa tahun terakhir, di bawah kepemimpinan kuat Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo, kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara terus berkembang secara mendalam, dan kedua belah pihak telah mencapai hasil yang bermanfaat dalam kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, dan humaniora, dan terus mengeksplorasi prospek baru untuk kerja sama yang saling menguntungkan. Sejak merebaknya pandemi, Tiongkok dan Indonesia telah saling membantu dan bergandengan tangan untuk memerangi pandemi, hubungan bilateral juga telah melawan tren dan membaik. Pertemuan pertama Mekanisme Kerjasama Dialog Tingkat Tinggi Tiongkok-Indonesia berhasil diselenggarakan, membuka peluang baru bagi pengembangan hubungan bilateral.

Konjen Qiu juga menyatakan, sejak Chengdu dan Medan menjalin hubungan sister city pada tahun 2002, kedua belah pihak telah bekerja sama untuk menjalin kontak erat di bidang ekonomi, perdagangan, pendidikan, dan budaya, serta melakukan kerja sama pragmatis. Hubungan kedua kota juga terus diperdalam. Baik Chengdu maupun Medan merupakan kota kuliner dan budaya yang terkenal, beliau berharap persahabatan tradisional antara masyarakat kedua kota akan terus dikonsolidasikan, pertukaran persahabatan dan kerja sama antara kedua belah pihak akan terus ditingkatkan. Terdapat banyak universitas di Chengdu, dengan guru yang berkualitas tinggi, itu dipercaya dapat memberikan kesempatan belajar dan lingkungan belajar yang ideal bagi siswa yang belajar di Tiongkok. Beliau berharap dapat memanfaatkan kesempatan seminar ini untuk lebih meningkatkan antusiasme pertukaran budaya dan pendidikan antara kedua kota, menyuntikkan vitalitas baru ke dalam pengembangan kemitraan strategis komprehensif Tiongkok-Indonesia.

Wakil ketua Kantor Urusan Luar Negeri Chengdu, Ou Yusong, berterima kasih kepada semua pihak atas dukungan kuat mereka atas seminar ini, serta memperkenalkan situasi dasar Chengdu dan situasi umum universitas. Diharapkan dengan bantuan kegiatan presentasi ini dapat mendorong pertukaran dan kerja sama antara Chengdu dan Medan di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta budaya, serta mendorong pertukaran persahabatan antara kedua kota.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan Chengdu, Shen Peng memperkenalkan penyebaran pendidikan dan kebijakan beasiswa Chengdu untuk siswa internasional. Chengdu sangat mementingkan pertukaran dan kerja sama dengan kota-kota kembar internasional, negara-negara di sepanjang "Satu Sabuk Satu Jalur", negara-negara ASEAN, dan negara lainnya. Pada tahun 2014 merupakan awal pendirian Beasiswa Pemerintah Chengdu untuk Siswa Internasional, dan cukup menarik perhatian banyak orang. Sekarang program beasiswa untuk siswa internasional telah semakin diperluas. Chengdu menantikan dan menyambut mahasiswa internasional dari Medan, Indonesia, yang akan memberikan kesempatan yang lebih mudah dan terbuka untuk belajar di luar negeri dan membangun jembatan serta ikatan yang lebih indah untuk persahabatan antara kedua kota.

Delapan universitas yang mencakup Universitas Sichuan, Southwestern University of Finance and Economic, Chengdu University of Traditional Chinese Medicine, College of Chinese & Asean Arts, Chengdu University, University of Electronic Science and Technology of China, Southwest Jiaotong University, Chengdu University of Technology, Chengdu Vocational College of Agricultural Science and Technology memberikan pengenalan sekolah secara mendetail, berinteraksi dengan guru dan siswa sekolah di Kota Medan serta menjawab pertanyaan secara online.