Konsul Jenderal Qiu Weiwei Bertukar Pendapat tentang Pencegahan dan Pengendalian Epidemi dengan Pejabat Pemerintah di Provinsi Sumut dan Kota Medan
2020-04-10 12:30

Pada 10 April 2020, Konsul Jenderal Qiu Weiwei menyumbangkan masker ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan, Pihak Kepolisian Provinsi dan Kota, serta melakukan perbincangan dengan Sekretariat Jenderal, Kepala BPBD Medan, Kadis Kesehatan Medan serta perwakilan dari Polda dan Polrestabes tentang pencegahan dan pengendalian wabah virus corona.

 

Konjen Qiu menyatakan setelah lebih dari dua bulan kerja keras dan upaya luar biasa, orang-orang Tiongkok terus memperbaiki situasi pencegahan dan pengendalian epidemi, dan telah keluar dari masa yang paling sulit. Pencegahan dan pengendalian epidemi Tiongkok saat ini membuahkan hasil yang semakin kokoh, kembalinya kegiatan bekerja dan produksi menghasilkan kemajuan penting, susunan pengoperasian ekonomi dan sosial juga dengan cepat kembali seperti semula. Dalam epidemi ini, rakyat Tiongkok telah melakukan upaya dan pengorbanan yang luar biasa untuk memberikan kepercayaan diri, waktu, dan pengalaman bagi negara-negara di dunia untuk mencegah dan mengendalikan epidemi. Virus tidak memiliki batas. Epidemi ini adalah tantangan umum yang dihadapi semua umat manusia. Masyarakat internasional seharusnya menjunjung tinggi konsep komunitas senasib umat manusia, memperkuat solidaritas dan kerja sama, serta mengatasi kesulitan.

  

Konjen Qiu mengatakan bahwa minggu lalu Presiden Xi Jinping menelepon Presiden Joko Widodo, beliau mewakili pemerintah dan rakyat Tiongkok menyatakan rasa simpati yang tulus kepada pemerintah dan rakyat Indonesia. Tiongkok dan Indonesia adalah tetangga yang bersahabat, dalam menghadapi epidemi yang parah, kedua negara harus saling mendukung. Konsulat Jenderal Tiongkok juga ikut merasakan kesulitan yang sedang dihadapi daerah kekonsuleran saat ini, kami bersedia memberikan dukungan dan bantuan serta berbagi pengalaman. Diharapkan juga bahwa lembaga pemerintahan provinsi dan kota akan menjamin kesehatan, keselamatan serta hak dan kepentingan legal rakyat Tiongkok. Kami percaya bahwa di bawah kepemimpinan pemerintah Indonesia, pada akhirnya Indonesia akan berhasil mengatasi epidemi.

 

Sekretariat Jenderal Pemprov Sumut, Sabrina menyatakan rasa terima kasihnya kepada Konsulat Jenderal Tiongkok atas perhatian dan bantuan. Upaya pencegahan dan pengendalian epidemi Tiongkok telah membuahkan hasil, situasi pencegahan dan pengendalian epidemi telah meningkat secara signifikan. Beliau berharap agar dapat menjaga hubungan yang erat dan kerja sama yang baik dengan Tiongkok, belajar dari pengalaman Tiongkok dalam memerangi epidemi virus corona, serta mengintensifkan upaya untuk melakukan pencegahan dan pengendalian epidemi lokal.

Konjen Qiu juga mengunjungi posko koordinasi pencegahan dan pengendalian epidemi Pemprov Sumut.