Konsul Jenderal Tiongkok Qiu Weiwei Bertemu dengan Gubernur Provinsi Bangka Belitung
2019-11-16 16:33

Pada 16 November 2019, Konsul Jenderal Tiongkok, Qiu Weiwei bertemu dengan Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan. Keduanya melakukan perbincangan tentang mendorong kerjasama bilateral.

Konjen Qiu secara singkat memperkenalkan hubungan Tiongkok-Indonesia dan hubungan bilateral dengan wilayah kekonsuleran. Beliau menyatakan bahwa Tiongkok saat ini berkomitmen untuk memperluas keterbukaan dengan dunia luar, memajukan pembangunan bersama "Satu Sabuk Satu Jalur" yang berkualitas tinggi dan berusaha untuk mendorong pembangunan komunitas senasib umat manusia. Di bawah kepemimpinan tegas Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo, hubungan Tiongkok-Indonesia telah memasuki periode terbaik dalam sejarah, dan pertukaran politik, kerja sama ekonomi dan perdagangan, serta pertukaran humaniora antara kedua negara menjadi semakin erat. Diharapkan pertukaran antara provinsi dan kota kedua negara dapat diperkuat. Dalam beberapa tahun terakhir, Provinsi Bangka Belitung telah menjadi tujuan wisata baru bagi wisatawan Tiongkok dengan sumber daya pariwisata yang kaya, dan perikanan serta pertambangan lokal yang juga berkembang pesat. Konsulat Jenderal Tiongkok bersedia untuk memperkuat pertukaran dengan pemerintah provinsi Bangka Belitung dan mendorong kerja sama dalam pembangunan pariwisata dan infrastruktur kedua belah pihak.

Gubernur Erzaldi menyambut hangat kunjungan Konjen Qiu. Dia menyatakan bahwa Provinsi Bangka Belitung dan Tiongkok memiliki sejarah yang dalam. Banyak penduduk lokal bermigrasi dari Fujian dan Guangdong, Tiongkok dan masih mempertahankan budaya tradisional Tiongkok, yang kondusif bagi pengembangan hubungan antara provinsi Babel dan Tiongkok. Pemerintah provinsi bersedia bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Tiongkok untuk memperkuat hubungan antara Provinsi Babel dengan provinsi dan kota di Tiongkok, serta membangun mekanisme kerja sama yang efektif. Diharapkan perusahaan Tiongkok dapat secara aktif berpartisipasi dalam pembangunan jalan dan jembatan lokal, selain itu, juga menyambut lebih banyak turis Tiongkok untuk datang berwisata.